Kuis 1 PBKK
Nama : Nadira Milha Nailul Fath
NRP : 5025211253
Kelas : PBKK (B)
Soal
1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?
2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.
3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP
Jawaban
1. Library/Class Libraries: Framework seringkali menyediakan perpustakaan (library) berisi kode yang dapat digunakan oleh pengembang untuk melakukan tugas umum seperti pemrosesan data, pengelolaan jaringan, atau interaksi dengan basis data.
Arsitektur Aplikasi: Framework biasanya menyediakan arsitektur dasar untuk aplikasi yang akan dibangun. Ini termasuk keputusan tentang bagaimana aplikasi akan dibagi menjadi komponen-komponen, bagaimana komunikasi antara komponen-komponen itu akan diatur, dan bagaimana data akan mengalir melalui aplikasi.
Alur Kontrol (Control Flow): Framework menentukan cara alur kontrol aplikasi akan diatur. Misalnya, jika Anda menggunakan framework web, ia akan menentukan cara permintaan HTTP diproses dan dikembalikan sebagai respon.
Model-View-Controller (MVC) atau Arsitektur Serupa: Beberapa framework web, misalnya, memasukkan konsep MVC yang memisahkan tampilan (view), logika aplikasi (controller), dan data (model) menjadi komponen-komponen terpisah.
Konfigurasi: Framework biasanya memiliki sistem konfigurasi yang memungkinkan pengembang untuk mengatur perilaku aplikasi. Ini dapat mencakup pengaturan database, koneksi jaringan, atau parameter lainnya yang memengaruhi cara aplikasi bekerja.
Pengujian (Testing): Sebagian besar framework menyertakan alat bantu untuk menguji aplikasi yang dibangun dengan framework tersebut. Ini membantu pengembang memastikan aplikasi berfungsi dengan benar.
Kemudahan Perkembangan: Salah satu tujuan utama framework adalah mempercepat pengembangan perangkat lunak dengan menyediakan alat bantu, boilerplate code, dan struktur yang sudah ada. Ini menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan.
2. WinForms (Windows Forms): Cocok untuk aplikasi desktop sederhana, mudah dipelajari, tetapi terbatas dalam desain antarmuka yang modern.
WPF (Windows Presentation Foundation): Untuk aplikasi desktop dengan antarmuka yang menarik dan modern, memanfaatkan grafis vektor, memerlukan kurva belajar lebih tinggi.
UWP (Universal Windows Platform): Ideal untuk aplikasi yang berjalan di berbagai perangkat Windows, dengan antarmuka responsif, tetapi memiliki beberapa batasan desain dan akses sistem operasi.
3. Winfor
UWP
WPF
4. Saya akan melakukan implementasi dengan UI berikut
5. Saya membuat aplikasi clock animation, berikut implementasinya
Link Github :Clock-App
Komentar
Posting Komentar